Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Revolusi Rasa! Dodol Pisang Inovatif 'Mengaduk' Selera Para Penggemar Makanan Manis

Revolusi Rasa! Dodol Pisang Inovatif 'Mengaduk' Selera Para Penggemar Makanan Manis

DESA SIRNAMANAH- Salah satu olahan yang menjadi buruan oleh-oleh khas dari daerah Jawa Barat adalah cemilan manis misalnya seperti dodol. Dodol yang kita kenal biasanya terbuat dari tepung ketan, santan, gula merah dan berbagai bahan lainnya namun berbeda dengan dodol khas dari Desa Sirnamanah yang memadukan pisang sebagai bahan utama selain bahan-bahan yang biasa digunakan. Aroma khas dari dodol pisang ini sangat terasa tatkala Praja IPDN yang melakukan Bakti Karya Praja terjun langsung membantu proses produksi dari dodol pisang Khas Desa Sirnamanah. Tidak hanya aromanya yang khas, rasa pisang yang menjadi bahan utamanya juga sangat terasa. Tidak heran jika dodol pisang ini menjadi produk khas dari Desa Sirnamanah.

 

 

 

 

 

 

 

"Dodol Pisang ini menjadi ciri khas dari Desa Sirnamanah dimana untuk produksinya sendiri sudah dimulai sejak tahun 2012 dan pemasarannya selain di toko oleh-oleh juga sudah merambah hingga ke Bali", ungkap Bu Melly selaku produsen dari dodol pisang khas Desa Sirnamanah. Selain itu, dodol pisang ini juga menjadi hidangan wajib yang disuguhkan oleh Pemerintah Kota Purwakarta saat kegiatan pertemuan formal. 

Produksi dodol pisang khas Desa Sirnamanah ini awalnya diinisiasi oleh para Ibu PKK di tahun 2012. Berkat konsistensi rasa dan kualitas yang ada, produksi dodol pisang khas Desa Sirnamanah ini terus mengalami perkembangan termasuk dari sisi revolusi kemasan yang digunakan. Melalui dana bantuan dari beberapa instansi pemerintahan seperti Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta lembaga seperti Rumah Zakat yang mengadakan pelatihan UMKM, produksi dodol pisang ini terus bertumbuh hingga menyerap tenaga kerja baru dalam proses produksinya yang secara tidak langsung membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal di desa. 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler